Friday, March 17, 2017

Japanese Cheesecake





Japanese Cheesecake 


Since I am happened to be the big fan of desserts, that's why I was always want to conquer this famous Japanese delicacy. Terus baru kesampean waktu di kelas masak tahun kemarin   *kemana aja Din ;D


Dan ternyata resep yang dikasih dari sekolah masak gue ngga serumit sama resep yang selama ini udah pernah gue google. Karena resep yang ini ngga perlu di tim dengan double boiler, asal semua bahan mesti udah suhu ruang ya.


Japanese Cheesecake 

Bahan 1 :
- Cream cheese 200 gram
- Unsalted Butter 75 gram
- Susu cair 100 ml
- Kuning telur 6 butir
- Terigu protein sedang 60 gram (ayak)
- Vanilla essence 1sdt

Cara :
- Kocok cream cheese hingga lembek dengan mixer kecepatan rendah, lalu masukkan unsalted butter, aduk rata.
- Masukkan kuning telur satu per satu, kocok hingga rata. 
- Masukkan terigu dan susu secara bergantian, aduk rata.
- Masukkan vanilla essence, aduk rata lalu sisihkan.

Bahan 2 :
- Putih telur 6 butir
- Gula kastor 120 gram
- Cream of tartar 1/4 sdt

Cara :
- Kocok putih telur dengan mixer searah jarum jam dengan kecepatan rendah.
- Kalau putih telur sudah mulai berbusa masukkan cream of tartar dan gula sedikit demi sedikit lalu tambahkan kecepatan mixer.
- Kocok sampai putih telur mengembang dan kaku, cirinya kalau wadah dibalik adonan putih telur tidak akan tumpah.

Note : waktu misahin putih dan kuning telur jangan sampe kuning telurnya masuk ke wadah putih telur ya. Pastikan juga wadah bersih dari air, minyak dan cairan lainnya. Karena putih telur ngga akan ngembang kalo ada faktor tadi. 

Penyelesaian :
Panaskan oven di suhu 160c selama 15 menit.
Masukkan adonan putih telur ke dalam wasah kuning telur dibagi menjadi 3 tahap. Aduk menggunakan spatula dengan menggunakan "tekhnik lipat" supaya putih telur tidak kempes dan mengembang sempurna ketika dipanggang ( jangan diaduk atau dikocok dengan mixer) . Bungkus permukaan luar loyang dengan aluminium foil. Lalu letakkan loyang yang telah dialasi aluminium foil ke wadah/loyang yang lebih besar. Isi wadah dengan air panas hingga setengah ukuran loyang kue ( au bain marie). Panggang sekitar 50-60 menit. Matikan oven, buka sedikit tutup oven selama 10 menit ( agar suhu loyang tidak turun secara drastis yang dapat menyebabkan kue menjadi kempes). Setelah 10 menit Keluarkan loyang dari oven, biarkan dingin sepenuhnya di cooling rack. Lalu masukkan ke dalam kulkas selama minimal 3 jam.















Oh iya, Japanese Cheesecake ini beda banget sama cheesecake pada umumnya ya. Teksturnya lembut banget kaya chiffon cake, with a hint on cream cheese. 




Enjoy 😊

No comments:

Post a Comment

Ayam Woku Belanga

OOH LA LA IT'S BEEN 3 YEARS Okay, easy folks. I've been leaving my blog for a very long time. I finally visited New York in Octo...