Tuesday, March 21, 2017

Mac and Cheese














Selain lasagna yang udah pernah gw tulis resepnya di sini, mac and cheese juga salah satu makanan favorite gw. Apalagi bikinnya cepet, ya udah pasti cocok buat pemalas kaya gue dong ya ;p And actually this one is the kind of comfort food that just can't go wrong.







So here's the recipe,


Macaroni and Cheese

Resep

Bahan 1 :
- macaroni elbow 250 gram
- air mendidih untuk merebus

rebus kurang lebih 5menit sampai al dente

Bahan 2 Cheese Sauce   :
3 sdm butter
3 sdm tepung terigu
500 cc susu plain
150 gram keju cheddar, parut
oregano dan basil secukupnya untuk taburan
25 gram keju parmesan, parut

Lelehkan butter lalu masukkan terigu, aduk rata dengan whisk atau sendok kayu. Kecilkan api lalu tuangi susu sedikit demi sedikit sambil diaduk terus. Besarkan lagi apinya, aduk hingga mendidih. Lalu masukkan keju, kecilkan api, aduk hingga keju larut dengan rata. Angkat.
Penyelesaian :
Aduk rata macaroni yang telah direbus dengan cheese sauce, masukkan garam dan merica sesuai selera. Lalu taburi dengan keju mozzarella dan basil & oregano untuk topping. Masukkan ke dalam oven yang sudah terlebih dahulu dipanaskan, lalu panggang dengan suhu 180c selama 25 menit. Mac and cheese siap disajikan 
















Anyway, gue sengaja di bagian penyelesain ngga nulis seberapa banyak keju, garam dan merica yang mesti dimasukkin. Karena preferensi orang kan beda-beda ya. Jadi bisa di adjust sesuai selera. Tapi buat referensi aja, gw pake mozzarella untuk topping sebanyak 250 gram, garam 1sdt, dan merica 1/2sdt. Selamat mencoba ya :)

No comments:

Post a Comment

Ayam Woku Belanga

OOH LA LA IT'S BEEN 3 YEARS Okay, easy folks. I've been leaving my blog for a very long time. I finally visited New York in Octo...