Saturday, February 25, 2017

Visa Amerika



Flag of the United States of America

(source from Wikipedia)



Akhirnyaaaa gue apply juga Visa yang konon katanya paling keramat ini. Boleh dibilang visa Amerika ini gampang-gampang susah. 



Wait, gampang?? 


Gampangnya kenapa? Karena petugas US embassy kadang ngga perlu lihat semua supporting documents yang kita siapin kaya kalo apply visa negara lain. Yang mereka pentingin ya itu pada waktu interview, lo bisa yakinin mereka kalo ngga bakal menetap dan cari kerja di negara mereka.


Susahnya? Karena kemungkinan ditolaknya pun besar. Contohnya :

1. Temen gue ;  udah punya visa Schengen, Australia dan Jepang, punya kerjaan tetap visa dia ditolak.
2. Bapak-bapak di hari H gue interview, mau perjalanan dinas ke Sunnyville. Beliau di wawancara dalam bahasa inggris, dan entah si bapak grogi atau ngga ngerti pertanyaan dari Interviewer, jadi bapak ini kurang lancar menjawab dalam bahasa inggris. Lalu visanya pun ditolak gitu aja.

Dan ternyata katanya kalo perempuan single dalam usia produktif (macem gue) lebih riskan buat ditolak. Jadi saran gue sebelom interview harap berdoa yang banyak sesuai agama masing-masing :)  Juga jangan sampe bilang bakal pergi dengan pacar atau punya keluarga disana. Nanti dikira petugasnya mau nikah dan cari kerja disana malah repot.





In my case, karena gue males ngisi formulir DS-160 sendiri dan takut ngga ngerti, akhirnya gue pakai jasa Sabang Business Center di jalan sabang (dekat JNE). Jadi gue bayar 2,4juta terus mereka bakal fotoin, isiin formulir, bayarin ke bank niaga, buatin janji wawancara sesuai hari yang available. Terus tinggal ambil foto yang udah dicetak dan lembar form DS-160 dan lembar wawancara yang udah di print dengan laser printer di kantor mereka di Sabang. Atau kalo males ke kantornya bisa digojekin juga kok.
Fyi, penting banget buat nge print pake laser printer ya soalnya takut barcode nya ngga kebaca di scanner kedutaan nanti. Dan pemberitahuannya juga ada kok di websitenya US embassy kalo kita harus print pake laser printer.

Tapi kalo kalian mau ngurus sendiri, ini langkah-langkah buat ngurus visa Amerika :


1. Foto
2. Mengisi formulir DS-160 secara online. Kalo udah di upload, berarti semua data ngga bisa diganti lagi ya.
3. Membayar biaya visa sejumlah 160usd di Bank Niaga (di kurs ke rupiah sesuai rate hari lo bayar). 
4. Membuat janji wawancara, lalu di print dengan laser printer.
5. Wawancara di kedutaan Amerika, jangan lupa bawa paspor(lama dan baru), foto, lembar DS-160 dan lembar wawancara yang udah di print, dan semua supporting documents seperti Kartu Keluarga, Buku Nikah, Akte Lahir, Surat Referensi Bnk, Rekening Koran selama 3bulan terakhir, Surat Sponsor dan Surat Keterangan Kerja (just in case mereka tanya).


Hari H Interview 

Jam 6.20 gue udah sampe di kedutaan Amerika dan udah terlihat antrian orang di gerbang kedutaan. Security mulai periksa jadwal interview yang sudah di print, dan hp udah mulai wajib dimatiin. Terus satu persatu masuk ke dalem gedung buat diperiksa barang bawaannya. 
Saran gue, ngga perlu banyak bawa barang pas hari interview takutnya jadi lama pas pemeriksaan barang. Karena semua cairan (parfum/sabun/hand sanitizer etc), alat elektronik (laptop & handphone), makanan bahkan token ngga dibolehin masuk ke dalem kedutaan amerika. Yang penting bawa persyaratannya aja.


Di dalam beberapa petugas nyuruh ambil nomor antrian, dan gue kebagian nomer 15 waktu itu. Di loket pertama, kita cuma nyerahin lembar wawancara aja.
Di loket kedua, buat ambil sidik jari. Di loket ketiga, nah ini dia the ultimate step of the day . Rasanya jantung  mulai dag dig dug deh nungguin giliran interview apalagi beberapa orang sebelom gue dikasih kertas pink yang artinya visa mereka ditolak. Pas tiba giliran gue,


Interviewer : Hai, selamat pagi
Gw             : Pagi
Interviewer : Mau apply visa amerika dengan tujuan apa?
Gw             : Turis
Interviewer : Kemana tujuannnya dan berapa lama ?
Gw             : New York (sambil sebutin beberapa tempat di NY) selama 7hari
Interviewer: Ada teman atau keluarga disana ?
Gw             : Tidak ada
Interviewer : Dengan siapa anda akan berangkat ke Amerika?
Interviewer : Pekerjaan anda apa?
Interviewer : Bagaimana anda menghidupi diri?
Interviewer : Kapan suami meninggal?
Interviewer : Setelah lulus sekolah masak, anda akan bekerja dimana?
Interviewer :  Dulu suami bekerja dimana?



Oh ya sedetil itu memang pertanyaan yang dikasih sama interviewer, bikin jantung mencelos tiap mau jawab pertanyaan. Tapi gue berusaha tetep kalem dan ngga bertele-tele ngejawab semua pertanyaannya. Dan di sela-sela percakapan kami, Interviewer sempet nanya ke fellow Interviewer di sebelahnya tentang case gue yang single di usia produktif *sudahkuduga* tapi punya banyak visa negara lain. Lalu temennya jawab apa gue ngga denger. Duh itu rasanya sebelas dua belas kaya lagi naek roller coster deh deg-degannya.





But guess what?? She gave me the white paper eventually. Yang artinya visaku GRANTED. Yup ngga kaya pengalaman gue waktu urus visa Australia di sini, kita bakal langsung dikasihtau kalo visa kita granted atau ditolak pada saat wawancara. Antara percaya ngga percaya, sambil dalem hati langsung nyebut alhamdulillah. Gimana ngga, soalnya rata-rata case kaya gue banyak yg ditolak-tolakin. Kalo kata temen-temen gue sih gw lucky ahaha










Terus kapan dong berangkat ke amerika nya?? Kapan-kapan ahahaaha..
Ngga ding, nunggu tiket gratisan turun dari langit aja *emangada 
Siap-siap nabung dulu, toh visanya 5tahun hihi.




US Embassy
Jalan Medan Merdeka Selatan no. 3-5
Jakarta Pusat

7 comments:

  1. PEMBERITAHUAN NOTICE NOTICE.
    Saatnya kita semua mulai mencari diri sendiri, nama saya Hussein Anwar dari Surabaya, Indonesia. Namun saat ini tinggal di Kuala Lumpur Malaysia dengan dua daugthers saya.
    Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran dan mendorong semua orang di sini. Mendapatkan pinjaman online tidak semudah kelihatannya, saya mendapat pinjaman online pertama saya di tahun 2011 setelah saya kehilangan istri saya untungnya bagi saya saya dapat bertemu dengan pembayaran saya dan saya melunasi pinjaman dalam waktu yang tepat. Pada bulan Oktober 2017 saya membutuhkan uang untuk membiayai kembali bisnis saya tetapi saya sudah kehilangan kontak dengan perusahaan yang memberi saya pinjaman. Saya mencoba mencari online tetapi saya akhirnya mempercayai sebuah perusahaan pinjaman tanpa iuran, saya telah kehilangan lebih dari Rp25.000.000 sebelum saya menyadari. Saya mendorong semua orang untuk berhati-hati dan pintar ketika mencari pinjaman online, tanda-tandanya jelas TIDAK, saya ulangi DO tidak mempercayai perusahaan peminjam yang menggunakan domain email gratis seperti. @ gmail.com .... @ yahoo.com ...... @ outlook.com atau ...... @ hotmail.com. mereka semua palsu. tidak ada perusahaan pinjaman nyata yang menggunakan surat semacam itu.
    Pada bulan Mei 2018, saya mendapat surat dari pos blog dan ketika saya menghubungi saya, saya mendapatkan pinjaman dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan proses verifikasi saya. Terima kasih FINANSIAL GLOBAL ..
    jika Anda memerlukan pinjaman bisnis mendesak atau pinjaman pribadi, Anda dapat menghubungi perwakilan pinjaman saya, seorang wanita yang baik dengan nama Sarah Harvey. Saya yakin sebagian besar dari kita mengenalnya karena dia telah membantu banyak orang dari negara kita.
    Email.- sarahharvey@myglobalfinancefund.com
    TOLONG jangan hubungi dia jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman Anda atau berniat melarikan diri setelah mendapatkan pinjaman Anda ..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. hallo.....
    mau nanya dong ttng visa amrik ini..
    bisa minta email atau whatsapp ?


    thankyou....

    ReplyDelete
  3. HARI BAIK UNTUK SEMUA ORANG!

    Nama saya Amisha Chahaya Saya dari Indonesia Saya telah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan membangun bisnis. Semua yang saya dapatkan adalah banyak penipuan yang membuat saya percaya mereka dengan kata-kata manis mereka. dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya imbalan apa pun,

    Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia berkata dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman yang saya butuhkan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , Saya melamar bersama mereka di Email: (mariaalexander818@gmail.com) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah bahwa saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

    Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka (mariaalexander818@gmail.com) mereka tidak akan pernah gagal,Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya lakukan, Jadi, berhubunganlah dengan cepat (mariaalexander818@gmail.com) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman Anda untuk penawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini tanpa tekanan apa pun.

    MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
    EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
    HUBUNGI NUMBER: +1 (651) 243-8090
    WHATSAPP: +1 (651) 243-8090

    Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

    Terima kasih semuanya mendengarkan kesaksian saya
    Semoga ALLAH memberkati Anda semua.

    ReplyDelete
  4. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    ReplyDelete
  5. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    ReplyDelete
  6. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Andika Enny, TOLONG, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan sangat mendukung saya melalui ibu yang baik, MARIA ALEXANDER. Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 40 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar sejumlah biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya Kabu layu yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu MARIA ALEXANDER, seorang pemberi pinjaman di perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu MARIA, jadi Saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ibu MARIA.

    Saya mengajukan pinjaman 3 milyar Rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberi tahu untuk mendapatkan perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 3 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Mrs. MARIA ALEXANDER untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. MARIA melalui email: (mariaalexander818@gmail.com) atau (Whatsapp: + 1 651-243-8090) untuk pinjaman anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya ANDIKA ENNY, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (andikaenny0@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    ReplyDelete

Ayam Woku Belanga

OOH LA LA IT'S BEEN 3 YEARS Okay, easy folks. I've been leaving my blog for a very long time. I finally visited New York in Octo...