Monday, March 6, 2017

Japanese Cheesetart ala Hokkaido







Sejak nyobain Pablo di Jepang gue langsung jatuh cintaaaaa banget sama cheesecake nya mereka. Soft, creamy dan ngga eneg. Pas tau Pablo mau buka cabang di Indonesia tentunya gue senengnya kebangetan, tapiiiiii ternyata ngantrinya ngga nahan cyiin. Bisa sampe berjam-jam tshaaay. Udah mah gue anak rumahan banget yang mageran parah, masa sekalinya keluar rumah cuma buat ngantri berjam-jam ya kan. Terus nggak lama Hokkaido cheese tart pun buka cabang di Jakarta, dan antri juga sis. Walaupun ngga separah Pablo sih. Tapi ya tetep mager aja kalo wasting time gitu kan ya.



 Karena gue gemes ngga sabaran kalo antri-antri gitu langsung deh kepikiran buat bikin sendiri.  Akhirnya beberapa hari lalu gue pun nyobain bikin Japanese cheesetart ala Hokkaido from the scratch, tentunya bermodalkan resep hasil googling. Bisa dibilang niat banget sih, karena proses bikinnya yang agak lama dan tricky.



Pertama kali nyobain bikin sampe 3 batch aja dong* pheuww. Batch pertama nyobain pake puff pastry yang beli jadi dan gagal. Karena puff pastry nya menciut ke bawah. Batch kedua bikin kulit pie dan cheese custard from the scratch, terus karena gw udah capek akhirnya entah gue salah liat resep apa gimana jadi si cheese custardnya kemanisan. Huuu suka bete deh kalo udah gitu L. Akhirnya baru besoknya dilanjutin buat batch ketiganya. Bener-bener full konsentrasi liat resep dan nimbang semua bahannya supaya hasilnya sempurna. Kalo pembaca blog ini ada yang bingung sama resepnya, tenaaang gue juga fotoin step by step kok J




Hokkaido Cheesetart Recipe
recipe by : DreamersLoft


1. Kulit Pie/tart

Bahan :
  • 100 gram terigu serbaguna
  • 20 gram gula halus
  • 50 gram mentega asin ( dingin, dipotong kotak-kotak kecil )
  • 1 kuning telur
  • 1/2 sdt susu cair


Cara membuat :
  • Saring terigu serbaguna dan gula halus ke dalam mangkuk besar. Masukkan mentega dingin yang sudah dipotong dadu.
  • Aduk dengan ujung jari, hingga membentuk butiran seperti remah-remah.
  • Tambahkan kuning telur ke dalam adonan.
  • Aduk rata seluruh adonan menggunakan spatula ( Tidak perlu terlalu lama )
  • Masukkan susu cair. Lalu gunakan tangan dan bentuk adonan  hingga berbentuk seperti bola.
  • Masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam plastik wrap, lalu simpan ke dalam kulkas kurang lebih sekitar 1 jam.
  • Setelah 1 jam, keluarkan adonan dari kulkas. Beri terigu pada alas untuk membentuk pie supaya tidak lengket. Giling dengan rolling pin dengan ketebalan sekitar 3-4mm. Gunakan ring cutter dengan ukuran diameter 7cm untuk mencetak adonan pie.
  • Letakkan adonan yang sudah dipotong ke atas cetakan pie. Tusuk dengan garpu seluruh permukaan dasar pie, agar tidak mengembang ketika dipanggang.
  • Panggang kulit pie dengan di oven dengan suhu 180C selama 10 menit. (Aku panggang selama 20menit di oven ku)
  • Setelah kulit pie kecoklatan, keluarkan dari cetakan pie dan diamkan sampai tidak panas sepenuhnya sebelum digunakan. 









2. Cheese Custard

Bahan :
  • 150 gram cream cheese
  • 50 gram mascarpone cheese
  • 20 gram parmesan cheese
  • 30 gram mentega asin
  • 100 gram susu cair
  • 30 gram gula halus ( boleh ditambah menjadi 45gram kalau suka manis)
  • 8-12 gram maizena ( aku pake sekitar 1sdm )
  • 1 butir telur
  • 1sdm lemon juice
  • 1/4 sdt vanilla essence
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir kening telur untuk olesan cheesetart

Cara :
  • Masukkan cream cheese, mascarpone cheese, parmesan cheese, susu segar dan mentega ke dalam mangkuk tahan panas. Lalu di tim di atas panci berisi air yang telah dipanaskan. Aduk merata hingga seluruh adonan meleleh.
  • Masukkan gula halus dan maizena yang telah disaring. Aduk rata, adonan akan mulai mengental.
  • Masukkan telur, vanilla essence dan lemon juice. Aduk rata hingga adonan mengental seperti vla/custard. 
  • Jika adonan tidak halus/menggerindil, bisa disaring sebelum digunakan. 
Cheesetart :
  • Panaskan oven dengan suhu 230C
  • Isi cheese custard yang telah dibuat ke dalam  kulit pie dengan menggunakan piping bag. Beri olesan kuning telur.
  • Panggang cheesetart di suhu 230C selama 6-7 menit.
  • Keluarkan dari oven, taruh di atas cooling rack.






















Catatan dari gue, tiap oven itu beda-beda jadi kita harus kenal baik oven kita kaya apa. Waktu panggang bisa jadi lebih sebentar atau lebih lama. Usahakan untuk tidak memanggang semua cheesetart secara bersamaan. You know, in case gagal maksudnya. Gue kemarin nyobain manggang satu dulu, setelah kira-kira berhasil kaya yang gw mau baru deh gw panggang semuanya bersamaan.



Kalo masih bingung sama penjelasan gue bisa  dilihat langsung ke blog aslinya juga  di sini ya. Selamat mencoba :)





No comments:

Post a Comment

Ayam Woku Belanga

OOH LA LA IT'S BEEN 3 YEARS Okay, easy folks. I've been leaving my blog for a very long time. I finally visited New York in Octo...