Thursday, January 19, 2017

Australia ( last part )










Sesuai janji, sekarang gw mau share tentang akomodasi, transportasi, tempat yang  dan lain lain yang gw pake selama di Sydney. Mumpung masih ada semangat nulis *Iih tumbenan banget rajin anaknya ahaha ;D



Simcard

1. Optus
Kemarin gw beli simcard merk Optus ini buat dipake unlimited internet selama 1 minggu seharga 20 Aud dari yang tadinya 40 Aud. Lumayan kenceng sih internetnya, tapi entah kenapa kalo dipakai buat lihat google maps di daerah CBD agak-agak kacrut. Padahal kalo dipake buat buka path, instagram, facebook dll oke-oke aja tuh.

2. Vodafone
Kalo ngga salah harganya sedikit lebih mahal daripada Optus, tapi gw lupa pastinya berapa.


Akomodasi

1. Bounce Sydney Hostel , Charlmer St Surry Hills
Lokasinya pas banget di depan stasiun Central, exit 25. Gw pilih dorm khusus perempuan dengan 4 ranjang. Walaupun sempet ragu, karena selama ini belom pernah stay di hostel tapi ternyata nyaman banget di Bounce ini. Kamarnya bersih, ada locker untuk simpan luggage dan ada private bathroom nya. Di lantai paling atas juga ada dapur besar dengan semua kitchen utensils, peralatan makan dan kulkas. Jadi kalo mau hemat biaya makan di Sydney, bisa deh tuh masak sendiri. Rate semalam di kamar ini sekitar 400ribu rupiah. 

2. Megaboom City Hotel




Di hari ke 4 gw di Sydney gw pindah ke hotel di daerah Town Hall. Bukan karena hostel sebelumnya ngga nyaman, tapi karena udah keburu booking lewat booking.com pas masih di Indonesia, dan udah lewat dari batas waktu free cancellation. Kamar single dengan ukuran liliput, tapi lokasinya strategis banget sih karena super dekat dengan QVB Mall, Westfield Mall, Myers dan David Jones.













 Kalo mau jalan kaki ke Darling Harbor buat liat fireworks juga bisa banget. Jaraknya sekitar 1km. Dekat hotel juga ada Coles dan Woolworths supermarket kalo mau cari oleh-oleh coklat tim-tam atau makanan lainnya.



Transportasi

1. Dari dan menuju Airport
Ada beberapa options buat trasportasi, bisa naik kereta, taksi atau bus. Pas masih di Indonesia gw udah bandingin pake google maps biaya naik kereta ke Central Station 17Aud,sedangkan naik taksi ukuran standar sekitar 34Aud dan taksi super gede mirip mobilnya Xtrans tavel 100 Aud. Karena kita ber 8 orang, jadi mendingan naik taksi aja dong ya, ngga perlu geret koper sepanjang stasiun dan tinggal duduk manis sampe deh di tujuan. Jatohnya pun jadi lebih murah, karena per orang cuma kena 12,5 Aud aja.

2. Dalam kota
Transportasi di dalam kota ada Kereta, light trail/tram, Bus. Buat memudahkan transportasi selama di Australia, gw beli kartu Opal yang mirip dengan kartu Ez Link di Singapore, bisa dipakai di semua kendaraan umum. Praktis, jadi ngga perlu ngitungin receh tinggal di tap aja. Terus kalo value nya udah abis, tinggal di top up deh. Kereta di Sydney sangat nyaman dengan tipe double decker, tapi harganya pun lumayan mahal menurut gw. Perbandingannya, gw naik kereta dari Central station ke Circular Quay yang jaraknya hanya 3km biayanya 2,13 Aud. Sedangkan waktu gw naik bus dari Bondi Beach sampai ke Circular Quay biayanya cuma 1,3 Aud padahal jaraknya sekitar 6,9km. Kalo setiap hari naik angkutan umum terus sih ya lumayan ya bok, kira-kira abis 10Aud deh tuh per hari, that's why gw lebih banyak jalan kakinya selama di Sydney. Lumayan lah uangnya bisa dihemat buat makan dan yang paling penting buat BAKAR KALORI  dari semua lemak yang gw tumpuk selama disana ahahaha. Per harinya ada kali gw jalan 10km, luar biasa ya LOL. Padahal kalo di Indo, jarak dari tempat tidur sampe meja makan aja rasanya pengen ngegojek *lebay


Tourist Sightseeing 

1. Sydney Opera House, Harbor Bridge, Royal Botanic Garden




Sydney Opera House



Harbour Bridge


Royal Botanic Garden




Jarak ketiga tempat ini berdekatan banget, sama-sama di Circular Quay. Jadi pas abis keluar dari stasiun Circular Quay tinggal ikutin jalan aja. Sampe deh ke tempat turis paling mainstream di Sydney ;p


2. Hyde Park

Hyde Park adalah taman luas di tengah kota seperti Central Park di New York. Di sini bisa ngeliat Archibald Fountain dan foto-foto di depan St Mary Church.
















 Kalo mau baca novel atau sekedar ngelamun sambil duduk-duduk di bangku taman juga bisa.







3. Paddys Market

Kalo mau beli oleh-oleh di Sydney dengan harga yang lumayan murah boleh coba ke Paddys market deh. Gw waktu itu belanja di stall nomer 460 dan yang jaganya orang Indonesia lho. Buat  harga lumayan terjangkau sih, apalagi orang indo kan terbiasa sama habit ngasih oleh-oleh ya, jadi pastilah belinya borongan ya ahahaha. Buat gambaran aja, harga kaos 18 Aud dapet 3biji, harga tas koala untuk anak kecil 10 Aud. Di bagian pojok nya Paddys market ini juga ada yang jualan buah-buah segar kaya cherry, mangga, peach, strawberry, pisang dll. Kalo kepengen makanan halal, ngga jauh dari paddys market ada Kungfu Ramen yang udah bersertifikat halal. Kalo kamu tipe nya "blom makan nasi berarti blom makan", tenang aja disitu juga ada menu nasinya kok.


4. QVB

Queen Victoria Building ini adalah mall bergaya victorian yang lokasinya ngga jauh dari  TownHall station. Tapi jangan dibandingin kaya mall di Jakarta yaa, karna asli bagusan mall di Jakarta kemana-mana deh hihi.






5. Bondi Beach

Kalo mau berjemur atau surfing pas lagi di Sydney cus deh pergi ke Bondi Beach. Tapi jangan kaget ya soalnya rame banget kaya pepes sis ;p Kaya pas waktu gw kesana, lagi rameeee banget mungkin karena udah beberapa hari ujan dan angin mulu ya. Padahal suhunya 39C aja *PINGSAN.











Bondi Iceberg



Kalo mau ke Bondi dari city, bisa naik kereta turun di Bondi Junction, terus lanjut naik bus nomer 333 sekitar 2 atau 3 stop, tergantung lo mau turunnya dimana. Pulangnya tinggal ikutin jalur yang sama. Atau kalo mau ke daerah Circular quay dari Bondi Beach, ada bus nomer 380 yang langsung menuju kesana, dan ongkosnya jauh lebih murah dibandingkan ganti pake kereta.




6. Darling Harbour 


Kalo kata gw, darling harbour ini mirip-mirip sih kaya Clarke Quay di Singapore. Tapi ngga  kaya di daerah lain yang biasanya jam 5-6 sore toko-toko udah pada tutup, di Darling Harbour restoran buka bahkan sampai jam 1 malam loh. Dan ada beberapa bar dan club juga buat lo yang party-goer. Kalo akik sih, balik ke hotel langsung dasteran dan koyoan. Jompo sis ;p



Full moon







Kayanya segitu dulu sih yang gue inget, kalo ada tambahan nanti bakal ditulis lanjutannya deh ya. Buat yang sebentar lagi bakal pergi ke Sydney, silahkan dimasukin ke Itinerary kamu :)



No comments:

Post a Comment

Ayam Woku Belanga

OOH LA LA IT'S BEEN 3 YEARS Okay, easy folks. I've been leaving my blog for a very long time. I finally visited New York in Octo...