Sunday, October 11, 2015

Swedish Meatballs

Iiiih udah lama ngga nulis blog ya, lagi sibuk sih soalnya alias sibuk ngelamun hahahaha :p Sebenernya pengen banget nulis tapi ngga tau deh mood ilang kemana, padahal resep-resep udah numpuk.


Ceritanya pas kapan itu gue belanja daging ke Toko Indoguna deket pasar santa, ya Allah boooook parkiran daerah situ emang ngga pernah sepi yee penuuuuh mulu. Akhirnya parkir agak jauhan, terus jalan kaki ke Indoguna ya lumayan lah itung-itung olahraga. Sampe Indoguna banyak banget tante-tante lagi pada ngeborong belanja daging. Katanya sih si Indoguna ini emang miring harganya dibanding meat shop lain, dan emang udah terkenal dari dulu. Yowes lah gue pun ikutan ngeborong mulai dari wagyu, daging cincang, daging sukiyaki, slinge ox tongue dll ujung-ujungnya sih jadi mahal juga ya kalo banyak gitu hahaha *miris ngegesek kartunya. Padahal belum tau juga sih mau dimasak apaan, yang penting beli dulu aja yakaaan 😉















Pada merhatiin ngga label harga di kemasannya?? Soalnya pas gw upload fotonya di instagram,  temen-temen gue pada komen belanjaan gw mewah. Padahal yang mereka liat harga per kilonya bukan harga per gram yang gue beli 😂 yakaliiiii cyin gw belanja daging juta-juta mendingan beli emas lah yaa hahaha


Sampe rumah yang pertama kali gw bikin yaitu si wagyu nya. Heran deeeh namanya udah wagyu tapi kok pas jadi keras kaya gepuk, padahal cara masaknya udah ngikutin resep-resep macem Jamie Oliver sama Martha stewart. Pas besoknya kelas di JCC gw tanya sama chefnya, ternyata karena daging yang gw beli bukan Premium Cut macem tenderloin,sirloin & rib eye sedangkan yang gw masak bagian rumple. Oalaaah gw pikir semua wagyu sama aja empuk, tau gitu kan ngga gue beli. Percobaan kedua bikin wagyu premium cut Alhamdulillah nyokap suka :)









Besokannya bikin gyutan don, bumbunya simple aja cuma soy sauce kikkoman, minyak wijen sama sedikit gula. Di marinate 15menit, terus di seared di teflon 1menit per sisi. Disajiin sama sunny side up 😋😋


Hari ini bikin swedish meatballs ala ikea , resep aslinya sih pake pork but since I don't eat pork so I only used beef in this recipe. So there you go,

Resep Ikea Swedish Meatballs by Christines Recipe

Bahan:
- 250 g pork
- 250 g daging sapi giling ( karna aku skip pork jadi pake 500g daging sapi giling )
- 1 telur utuh
- 200-300 ml air & cream ( aku pake 100ml air+100ml cream)
- 2,5 sdm bawang bombay( ditumis sampe kuning keemasan)
- 50g tepung roti
- 2 buah kentang rebus yang sudah ditiriskan
- butter untuk sautee
- salt and pepper secukupnya 

Cara :
- Hancurkan kentang rebus sampai halus
- Campur daging giling, telur, kentang yang sudah ditumbuk, tepung, roti air dan cream,garam dan merica dalam satu wadah.
- Bentuk bulat-bulat
- Lelehkan butter di panci anti lengket, masukkan daging sampai berubah warna
- Masukkan ke oven suhu 180c selama 4menit


Note :
- Masukkan air & cream dikira-kira aja ngga perlu terpatok sama resep, karena aku pake 200ml dan hasilnya kurang "ngiket" jatohnya malah jadi kaya patty gitu.
- Sebelum digoreng, masukkan dulu ke kulkas selama 30menit-1jam supaya ngga pecah pas digoreng.

Sauce :
- 1/2 cup half and half ( aku pake 1/4cup air dan 1/4 cream )
- 1 cup kaldu sapi
- 1sdm butter
- 1sdm terigu
- 1/4 sdt kecap asin
- garam & merica secukupnya

Cara:
- lelehkan butter, masukkan terigu sampai menggumpal
- masukkan kaldu sapi dan kecap asin lalu aduk. Lalu matikan api
- masukkan cream sedikit-sedikit supaya tidak pecah
- bumbui dengan garam & merica









No comments:

Post a Comment

Ayam Woku Belanga

OOH LA LA IT'S BEEN 3 YEARS Okay, easy folks. I've been leaving my blog for a very long time. I finally visited New York in Octo...